Senin, 20 Oktober 2014

Corporate Social Responsibility (CSR)



1. Kasus
Contoh kasus dari Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu pada perusahaan otomotif Toyota misalnya. Perusahaan melakukan kegiatan saat hari raya Idul Fitri dengan membuka posko-posko tempat peristirahatan. Perusahaan membuat kegiatan tersebut dibeberapa titik lokasi yang biasanya banyak dilewati oleh para pemudik. Di posko tersebut pemudik dapat beristirahat dengan pelayanan-pelayanan yang terdapat diposko tersebut. Contoh lain Corporate Social Responsibility pada saat hari raya yaitu pada PT. Sidomuncul dengan produknya tolak angin. Perusahaan mengadakan kegiatan social mudik gratis untuk para pemudik dengan bis yang sudah disediakan oleh PT. Sidomuncul.
2. Teori
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentk tanggungjawab terhadap lingkungan social. Tindakan dari perusahaan bermacam-macam bias berupa bantuang social, pemberian beasiswa, kegiatan social dan lain lain yang berguna untuk masyarakat. Tujuan diadakan tindakan seperti ini adalah melakukan pendekatan dengan masyarakat luas agar lebih mengenal perusahaannya tersebut. Bagi masyarakat tindakan atau kegiatan CSR ini tentu berguna karna masyarakat emndapat manfaat dari perusahaan yang mengadakan kegiatan tersebut.
3. Analisis
Dari contoh kasus diatas perusahaan Toyota melakukan kegiatan dengan membuka posko diberbagai titik dikota besar guna melayani pemudik yang sedang perjalanan. Ini tentu menguntungkan dan berguna bagi masyarakat yang butuh tempat istirahat saat perjalanan jauh dan kegiatan ini merupakan pendekatan perusahaan kepada masyarakat berupa tindakan social yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Dan dari PT.Sidomuncul perusahaan melakukan kegiatan CSR dengan mengadakan mudik gratis untuk masyarakat. Dengan Tindakan dan kegiatan tersebut tentu perusahaan akan mendapat respon positif dari masyarakat. Demikian kesimpulan dari kasus ini adalah CSR merupakan kegiatan yang penting bagi perusahaan agar mendapat respon positif dari masyarakat dan mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk perusahaan tersebut.
4. Referensi
Kesimpulan dari beberapa artikel tentang CSR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar