Senin, 13 Oktober 2014

Teori Utilitarian



1. Kasus
            Di lingkungan rumah saya ada suatu kegiatan/ usaha yang bernama TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu). Kegiatan / usaha tersebut dilakukan dengan mengambil sampah organic dan non organic dari seluruh warga setempat kemudian diolah menjadi pupuk. Dengan adanya TPST setiap warga memberikan sumbangan tiap bulannya kepada petugas TPST yang mengambil sampah mereka setiap harinya.
2. Teori
Etika Utilitarian adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsipmanfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling besar. Utilitarianisme merupakan paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tidak bermanfaat, tak berfaedah dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak.
3. Analisis
            Teori Utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan juka bias memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. Dari contoh kasus diatas masyarakat setempat tentu merasakan manfaat dari kegiatan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu). Masyarakat tak perlu bingung akan membuang sampah kemana karena sampah akan diambil oleh petugas TPST dan diolah menjadi yang lebih bermanfaat.
4. Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar